Komunikasi komersial dan non komersial tentang sebuah organisasidan produk-produknya yang di transmisikan ke suatu khalayak melalui media, bersifat massal
seperti : tv, radio, koran , majalah .
Periklanan merupakan bagian terkecil dari ilmu pemasaran
contoh : - Palmolire India Limited, ingin merebut pasar iklan di pedesaan India tahun 1996-
2003 sebesar 30%
2003 sebesar 30%
- Colgate mengalami hambatan dalam mengiklankan produk tapi masih banyak
penduduknya yang buta huruf .
penduduknya yang buta huruf .
- Colgate membuat iklannya dan menayangkan video 30 menit agar warga pedesaan
mengerti,selain itu iklan juga bisa dari mulut ke mulut ( mouth to mouth ) tapi
perlu ada good experince untuk good news .
mengerti,selain itu iklan juga bisa dari mulut ke mulut ( mouth to mouth ) tapi
perlu ada good experince untuk good news .
- Colgate mengajak penduduk sekitar untuk melihat 30 menit videonya dan
memberi sample secara gratis .
memberi sample secara gratis .
DEFINISI PERIKLANAN
- Menurut AMA ( American Marketing Association)
iklan di bayar dan tidak ada yang free. - P3I (Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia)
Segala bentuk pesan disampaikan melalui media dan di biayai oleh permrakarsa serta di tujukan kepada sebagian/ seluruh masyarakat .
DEFINISI PEMASARAN
- AMA
Proses perancangan dan pelaksanaan konsep, penetuan harga, promosi dan distribusinya untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan individu dan tujuan organisasi - Philip Kothler
Proses sosial dimana individu,kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dengan menciptakan dan mempertahankan produk . - H. Nitsrom
Kegiatan penyaluran barang dan jasa dari produsen ke konsumen .
HUBUNGAN ANTARA PEMASARAN DAN PERIKLANAN
Bukan hanya penjualan produk tapi juga untuk mempengaruhi dan membujuk konsumen untuk memilih suatu produk daripada produk lain.
3 UNSUR PENDUKUNG KONSEP PEMASARAN
1. Pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen
2. Mengupayakan koordinasi pemasaran di sebuah organisasi (unsur penelitian dan
pengembangan , keuangan dan manifaktur, dll)
pengembangan , keuangan dan manifaktur, dll)
3. Pencapaian tujuan jagka panjang mempertahankan unsur produk
Contoh : coca cola mempertahankan image baik di mata konsumen sebagai produk
minuman cola no 1 di dunia .
minuman cola no 1 di dunia .
DEFINISI MARKETING MIX
William J Stanton
Istilah yang digunakan untuk menjelaskan 4 kombinasi besar pembentuk inti sistem pemasaran sebuah organisasi .
Philip Kohtler
4 kombinasi tersebut intinya :
- produk
- struktur harga : tergantung segmen pasar
- sistem distribusi : jual dengan harga murah untuk mendapatkan untung sebesar mungkin
- kegiatan promosi
A. Produk
Barang yang ditawarkan produsen untuk dikonsumsi konsumen dengan perencanaan,bagaimana bentuknya,designya, pengembangan design , packaging menentukan merk pengolahan .
B. Price
Menentukan harga yang tepat untuk setiap produk yang diproduksi dengan targer marketing .
C.Place
Merupakan upaya agar produk ditawarkan pada tempat dan waktu yang tepat .
Unsur yang dipehatikan :
- Saluran distribusi
- Jangkauan distribusi
- Penyedian barang
- Transportasi dan lokasi
Sebagian besar produsen tidak langsung menjual produknya ke konsumen, mereka menggunakan perantaranya, biasanya banyak produsen kekurangan sumber daya untuk menjalankan pemasaran .
PROMOI menurut Philip Kothler
Merupakan ilmu atau persuasi satu arah yang di buat untuk mengarahkan seseorang / organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dan pemasaran.
Untuk melaksanakan promosi biasanya dapat dilakukan dengan 4 kegiatan :
- advertising, bentuk presentasi dan promosi non pribadi tentang ide, maupun barang dan
jasa
jasa
- Personal selling, bentuk presentasi lisan dalam suatu percakapan dengan calon pembeli
untuk mempengaruhi sikap konsumen agar ada kegiatan penjualan .
untuk mempengaruhi sikap konsumen agar ada kegiatan penjualan .
- Publicity, bentuk pendorong permintaan secara non pribadi untuk suatu produk, jasa, ide ,
menggunakan berita komersial dalam media massa .
menggunakan berita komersial dalam media massa .
biasanya sponsor tidak di bebani biaya .
- Sales Promotion di gunakan untuk mendorong pembelian dari konsumen . SPG dan SPB .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar