Rabu, 28 September 2011

DASAR-DASAR PERIKLANAN -16 September 2011-

Periklanan
Komunikasi komersial dan non komersial tentang sebuah organisasidan produk-produknya yang di transmisikan ke suatu khalayak melalui media, bersifat massal
seperti : tv, radio, koran , majalah .

Periklanan merupakan bagian terkecil dari ilmu pemasaran
contoh : - Palmolire India Limited, ingin merebut pasar iklan di pedesaan India tahun 1996-
               2003 sebesar 30%
             - Colgate mengalami hambatan dalam mengiklankan produk tapi masih banyak
               penduduknya yang buta huruf .
             - Colgate membuat iklannya dan menayangkan video 30 menit agar warga pedesaan
               mengerti,selain itu iklan juga bisa dari mulut ke mulut ( mouth to mouth ) tapi
               perlu ada good experince untuk good news .
             - Colgate mengajak penduduk sekitar untuk melihat 30 menit videonya dan
               memberi sample secara gratis .

DEFINISI PERIKLANAN
  • Menurut AMA ( American Marketing Association)
    iklan di bayar dan tidak ada yang free.
  • P3I (Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia)
    Segala bentuk pesan disampaikan melalui media dan di biayai oleh permrakarsa serta di tujukan kepada sebagian/ seluruh masyarakat .
DEFINISI PEMASARAN
  • AMA
    Proses perancangan dan pelaksanaan konsep, penetuan harga, promosi dan distribusinya untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan individu dan tujuan organisasi
  • Philip Kothler
    Proses sosial dimana individu,kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dengan menciptakan dan mempertahankan produk .
  • H. Nitsrom
    Kegiatan penyaluran barang dan jasa dari produsen ke konsumen .
HUBUNGAN ANTARA PEMASARAN DAN PERIKLANAN
Bukan hanya penjualan produk tapi juga untuk mempengaruhi dan membujuk konsumen untuk memilih suatu produk daripada produk lain.

3 UNSUR PENDUKUNG KONSEP PEMASARAN 
1. Pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen
2. Mengupayakan koordinasi pemasaran di sebuah organisasi (unsur penelitian dan
   pengembangan , keuangan dan manifaktur, dll)
3. Pencapaian tujuan jagka panjang mempertahankan unsur produk
    Contoh :  coca cola mempertahankan image baik di mata konsumen sebagai produk
    minuman cola no 1 di dunia .

DEFINISI MARKETING MIX
William J Stanton
Istilah yang digunakan untuk menjelaskan 4 kombinasi besar pembentuk inti sistem pemasaran sebuah organisasi .

Philip Kohtler
4 kombinasi tersebut intinya :
  • produk
  • struktur harga : tergantung segmen pasar
  • sistem distribusi : jual dengan harga murah untuk mendapatkan untung sebesar mungkin
  • kegiatan promosi
A. Produk
Barang yang ditawarkan produsen untuk dikonsumsi konsumen dengan perencanaan,bagaimana bentuknya,designya, pengembangan design , packaging menentukan merk pengolahan .

B. Price
Menentukan harga yang tepat untuk setiap produk yang diproduksi dengan targer marketing .

C.Place
Merupakan upaya agar produk ditawarkan pada tempat dan waktu yang tepat .
Unsur yang dipehatikan :
- Saluran distribusi
- Jangkauan distribusi
- Penyedian barang
- Transportasi dan lokasi

Sebagian besar produsen tidak langsung menjual produknya ke konsumen, mereka menggunakan perantaranya, biasanya banyak produsen kekurangan sumber daya untuk menjalankan pemasaran .

PROMOI menurut Philip Kothler
Merupakan ilmu atau persuasi satu arah yang di buat untuk mengarahkan seseorang / organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dan pemasaran.

Untuk melaksanakan promosi biasanya dapat dilakukan dengan 4 kegiatan :
- advertising, bentuk presentasi dan promosi non pribadi tentang ide, maupun barang dan
  jasa
- Personal selling, bentuk presentasi lisan dalam suatu percakapan dengan calon pembeli
  untuk mempengaruhi sikap konsumen agar ada kegiatan penjualan .
- Publicity, bentuk pendorong permintaan secara non pribadi untuk suatu produk, jasa, ide ,
  menggunakan berita komersial dalam media massa .
  biasanya sponsor tidak di bebani biaya .
- Sales Promotion di gunakan untuk mendorong pembelian dari konsumen . SPG dan SPB .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar