Rabu, 28 September 2011

DASAR-DASAR PERIKLANAN -23 September 2011-

 


SEGMEMTASI PASAR
Sebuah tim pemasaran dan periklanan selalu memantau situasi produk tertentu untuk melihat seberapa jauh tingkat kepuasan konsumen dalam kebutuhannya, segmentasi pasar merupakan salah satu solusinya .

SEGMENTASI PASAR
1. Segmentasi Demografis
   metode ini menggunakan variabel tahap, siklus,hidup keluarga, pendapatan,  
   pendidikan, agama, ras atau kebahagiaan , segmen ini sering kali terkait
   dengan kebutuhan dan perilaku konsumen .
   Contoh : - Mobil kijang diproduksi untuk mayoritas konsumen yag sudah
                berkeluarga.
-         Velveeta dari Kraft from Phillip Moris di buat khusus untuk orang-orang Hispanik di Amerika .
2. Segmentasi Demografis
    Variabelnya daerah , ukuran populasi, kepadatan dan iklim ,
     Dalam segmen ini suatu wilayah negara memiliki kebutuhan dan perilaku
     berbeda dengan mereka yang berada diluar wilayah lain .
     Contoh : AC di negara Eropa kurang laku karena iklim disana dingin,tapi di  
                   daerah tenggara sangat laku .
3, Segmentasi Behaviorafis
     Variabelnya manfaat-manfaat yang dicari, penggunaan volume,loyalitas
     produk . Suatu perusahaan dapat membagi sebuah pasar menjadi sebuah
     kelompok menurut manfaat yang mereka cari.
     Penggunaan volume dan loyalitas merek,contohnya KFC paket goceng .

4. Segmentasi Psikologis
    Variabelnya gaya hidup dan kepribadian .
    Dalam segmen ini didasarkana pada gaya hidup / kepribadiangaya hidup   
    didasakan pada kegiatan antusias, kegiatan minat dan opini
    Contoh : Marlboro di buat  untuk lelaki maco untuk itu iklannya sedang   
                  berkuda .

JENIS-JENIS PASAR
1. Consumer
   Pasar terdiri dari orang-orang yang membeli produk dan service untuk
   keperluan pribadi atau keperluan keluarha sehari-hari .
2. Business to business
    Perusahaan-perusahaan yang memiliki produk untuk digunakan sebagai  
    operasional produksi mereka .
3. Institusional
    Pasar yang terdiri dari perusahaan laba dan non laba dari variasi yang luas,  
     seperti : rumah sakit, sekolah, lembaga pemerintahan yang menjadikan  
    keperluan masyarakat .
4. Reseller
   Pengedar merupakan faktor tengah berupa distributor atau pengecer itu
   sendiri membeli produk setengah jadi mauoun jadi untuk dijual kembali dan   
   mengambil keuntungan darinya .

ADVERTISING
Berasal dari kata ad-ventere (mengalihkan suatu pendapat), reklame (latin) re:diulang-ulang, clame : berteriak, berseru. Plan (arabic) : pengumuman
Advertising
Memberikan informasi tentang barang atau jasa tertentu sehingga konsumen dapat menjatuhkna pilihan yang relevan.

IKLAN
- Peyampaian suatu produk/jasa.
- Ditujukan kepada khalayak sasaran .
- Melalui media massa
- Mengharapkan hasil / keuntungan tertentu
- Ada sponsor yang jelas

JENIS-JENIS IKLAN
1. Iklan Komersial
   Bertujuan untuk mendukung kampanye pemasaran suatu produk/jasa, biasa
   di komunikasikan melalui media-media konvensional maupun media-media .
2. Iklan non komersial
    Merupakan bagian dari kampanye sosial  marketing yang bertujuan menjual
    kepentingan atau pelayanan masyarakat .
3. Iklan layanan masyarakat
4. Iklan Corporate
    Iklan yang bertujuan untuk membangun citra suatu institusi/ perusahaan
   dengan tujuan komunikasi membangun citra positif atas jasa/ produknya
   Kampanye iklan corporate idealnya di kampanyekan bersama PR .
   Iklan corporate akan efektif bila di dukung dengan fakta-fakta yang kuat
   yang mempunyai nilai ketika nilai berita dan biasanya selalu dikaitkan     
    dengan kegiatan tertentu yang berorientasi kepada masyarakat/ kelompok  
    tertentu dalam masyarakat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar