SEGMEMTASI PASAR
Sebuah tim pemasaran dan periklanan selalu memantau situasi produk tertentu untuk melihat seberapa jauh tingkat kepuasan konsumen dalam kebutuhannya, segmentasi pasar merupakan salah satu solusinya .
SEGMENTASI PASAR
1. Segmentasi Demografis
metode ini menggunakan variabel tahap, siklus,hidup keluarga, pendapatan,
pendidikan, agama, ras atau kebahagiaan , segmen ini sering kali terkait
dengan kebutuhan dan perilaku konsumen .
metode ini menggunakan variabel tahap, siklus,hidup keluarga, pendapatan,
pendidikan, agama, ras atau kebahagiaan , segmen ini sering kali terkait
dengan kebutuhan dan perilaku konsumen .
Contoh : - Mobil kijang diproduksi untuk mayoritas konsumen yag sudah
berkeluarga.
berkeluarga.
- Velveeta dari Kraft from Phillip Moris di buat khusus untuk orang-orang Hispanik di Amerika .
2. Segmentasi Demografis
Variabelnya daerah , ukuran populasi, kepadatan dan iklim ,
Dalam segmen ini suatu wilayah negara memiliki kebutuhan dan perilaku
berbeda dengan mereka yang berada diluar wilayah lain .
berbeda dengan mereka yang berada diluar wilayah lain .
Contoh : AC di negara Eropa kurang laku karena iklim disana dingin,tapi di
daerah tenggara sangat laku .
daerah tenggara sangat laku .
3, Segmentasi Behaviorafis
Variabelnya manfaat-manfaat yang dicari, penggunaan volume,loyalitas
produk . Suatu perusahaan dapat membagi sebuah pasar menjadi sebuah
kelompok menurut manfaat yang mereka cari.
produk . Suatu perusahaan dapat membagi sebuah pasar menjadi sebuah
kelompok menurut manfaat yang mereka cari.
Penggunaan volume dan loyalitas merek,contohnya KFC paket goceng .
4. Segmentasi Psikologis
Variabelnya gaya hidup dan kepribadian .
Dalam segmen ini didasarkana pada gaya hidup / kepribadiangaya hidup
didasakan pada kegiatan antusias, kegiatan minat dan opini
didasakan pada kegiatan antusias, kegiatan minat dan opini
Contoh : Marlboro di buat untuk lelaki maco untuk itu iklannya sedang
berkuda .
berkuda .
JENIS-JENIS PASAR
1. Consumer
Pasar terdiri dari orang-orang yang membeli produk dan service untuk
keperluan pribadi atau keperluan keluarha sehari-hari .
keperluan pribadi atau keperluan keluarha sehari-hari .
2. Business to business
Perusahaan-perusahaan yang memiliki produk untuk digunakan sebagai
operasional produksi mereka .
operasional produksi mereka .
3. Institusional
Pasar yang terdiri dari perusahaan laba dan non laba dari variasi yang luas,
seperti : rumah sakit, sekolah, lembaga pemerintahan yang menjadikan
keperluan masyarakat .
seperti : rumah sakit, sekolah, lembaga pemerintahan yang menjadikan
keperluan masyarakat .
4. Reseller
Pengedar merupakan faktor tengah berupa distributor atau pengecer itu
sendiri membeli produk setengah jadi mauoun jadi untuk dijual kembali dan
mengambil keuntungan darinya .
sendiri membeli produk setengah jadi mauoun jadi untuk dijual kembali dan
mengambil keuntungan darinya .
ADVERTISING
Berasal dari kata ad-ventere (mengalihkan suatu pendapat), reklame (latin) re:diulang-ulang, clame : berteriak, berseru. Plan (arabic) : pengumuman
Advertising
Memberikan informasi tentang barang atau jasa tertentu sehingga konsumen dapat menjatuhkna pilihan yang relevan.
IKLAN
- Peyampaian suatu produk/jasa.
- Ditujukan kepada khalayak sasaran .
- Melalui media massa
- Mengharapkan hasil / keuntungan tertentu
- Ada sponsor yang jelas
JENIS-JENIS IKLAN
1. Iklan Komersial
Bertujuan untuk mendukung kampanye pemasaran suatu produk/jasa, biasa
di komunikasikan melalui media-media konvensional maupun media-media .
di komunikasikan melalui media-media konvensional maupun media-media .
2. Iklan non komersial
Merupakan bagian dari kampanye sosial marketing yang bertujuan menjual
kepentingan atau pelayanan masyarakat .
kepentingan atau pelayanan masyarakat .
3. Iklan layanan masyarakat
4. Iklan Corporate
Iklan yang bertujuan untuk membangun citra suatu institusi/ perusahaan
dengan tujuan komunikasi membangun citra positif atas jasa/ produknya
dengan tujuan komunikasi membangun citra positif atas jasa/ produknya
Kampanye iklan corporate idealnya di kampanyekan bersama PR .
Iklan corporate akan efektif bila di dukung dengan fakta-fakta yang kuat yang mempunyai nilai ketika nilai berita dan biasanya selalu dikaitkan
dengan kegiatan tertentu yang berorientasi kepada masyarakat/ kelompok
tertentu dalam masyarakat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar