Menurut Ries dan Frait, era periklanan terdiri dari :
1. Masa Product Oriented
Memusatkan ide kreatif pada karakteristik dan fitur produk . Pengembang teori ini adalah Rosser Reeves dari biro iklan Ted Bates dan kemudian berkembang menjadi USP (Unique Selling Preposition) .
contoh : punya satu pulpen yang berwarna warni tintanya ketika menulis .
2. Masa Image Oriented
Memusatkan ide kreatif pada citra produk dalam taraf kehidupan masyarakat . Pengembang teori ini adalah David Ogilvy dan pada era ini dikenal dengan Brand Image .
3. Masa Positioning Oriented
- Memusatkan citra produk dalam bentuk pikiran masyarakat
- Pengembang teori ini Al Ries & Jack Trout
- Pada era ini dikenal dengan istilah "positionig product"
POSITIONING
Adalah penempatan nama/ merek produk dibenak konsumen sehingga nama tersebut akan selalu diingat konsumen .
contoh : Minuman soda yang diingat oleh konsumen adalah coca cola dari produk lainnya fanta, sprite , 7up .
Pesan akan hilang dari benak konsumen karena terlalu banyaknya produk yang diciptakan, setiap produk saling merebut tempat di otak konsumen .
berbagai merek di hadapakan pada konsumen tapi beberapa saja yang diingat oleh konsumen .
Cara mudah dalam pikiran seseorang adalah yang menjadi yang pertama .
Cara sulit masuk dalam pikiran seseorang adalah dengan menjadi yang kedua .
contoh : aqua adalah leader dari produk air mineral
levis adalah leader dari produk celana jeans
" Dr. George A Miller : manusia normal hanya memiliki kapasitas 7 nama produk saja"
APA YANG MEMBUAT PEMIMPIN ADA ?
Tentu para pengikutnya, tapi tidak seharusnya para pemimpin mengusir keberadaan para pesaing dan bisnis .
Mereka membutuhkan pesaing untuk menciptakan seuah kategori
contoh : aqua , jika tidak ada pesaing, maka aqua tidak akan berkembang , sekarang aqua membuat segel baru, kemasan baru karena adanya keberadaan pesaing .
POSITIONING PEMIMPIN
- Kekuatan sebuah produk bukan berasal dari kekuatan organisasi .
- Pemimpin sebuah pasar tidak akan membiarkan pesaingnya bertindak radikal untuk menjadi nomor 1
- Pemimpin yang cermat akan segera menutup lahan pemasaran dengan produknya .
- Bahkan menutup dengan berbagai macam merek baru untuk menghadapi pesaingnya .
Kebanyakan produk pengikut timbul karena pola pikir yang sudah terpola sebelumnya oleh cara-cara yang sudah ada .
"Norman Vincent Pale : Kita sulit berpikir tentang positioning karena tidak pernah berpikir dengan arah yang berlawanan"
Salah satunya berpikir "celah mahal' dengan mempertimbangkan mutu dan cocok untuk produk lama .
Tujuan Positioning:
1. Menjadi yang pertama bagi konsumen
2. Untuk menampilkan posisi harga yang tinggi
3.Bercerita tentang produk yang kuat .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar