Kamis, 10 November 2011

Creative Advertising - Menyiapkan Iklan Cetak


MENYIAPKAN IKLAN CETAK

DESAIN DAN TIPOGRAFI
Desain adalah perencanaan untuk menyusun dan menggabungkan seluruh elemen desain. Desainer terlebih dahulu membuat konsep desain dalam sketsa ukuran kecil yang dibuat sebelum menata layout dalam ukuran yang sebenarnya.
Prinsip desain yaitu :
1. Unity
Adalah menyusun elemen desain menjadi satu kesatuan yang indah, tidak ruwet atau berantakan .
2. Simplicity
Adalah bagaimana menyusun dengan sedikit atau sesederhana mungkin elemen desain tapi mudah di mengerti.
3. Contrast
Adalah suatu perbedaan yang tajam, antara dua atau lebih elemen. Tujuannya untuk menarik perhatian, keindahan atau memberikan tekanan pada pesan yang lebih penting.
Misalnya pada ukuran, bentuk, warna dan tekstur .
4. Proportion
Adalah sebuah konsep matematis yang berkaitan dengan ukuran antara elemen yang satu dengan elemen yang lain
Dan initinya adalah ukuran ideal yang digunakan dalam menciptakan desain , dengan proporsi (panjang : lebar) = 3:5 yang biasa disebut The Golden Mean .
5. Harmony
Adalah keseluruhan elemen desain yang selaras. Contohnya apakah iklan sesuai dengan pesan yang disampaikan, jadi banyak gaya, konsep, nada serta efek yang ingin ditimbulkan selaras antara elemen yang satu dengan elemen yang lain . Dengan demikiandesain terlihat harmonis .
Contoh : suatu festival musikrock untuk remaja dibuat dengan layout yang simetris, statis , tentulah tidak harmonis .


Beberapa gaya dalam desain :
-          Classic : hal-hal yang terkait dengan masa lalu .
-          Tradisional : hal yang terkait pada masa lalu, tapi berkaitan dengan etnis
-          Modern : sifat implikasi dengan elemen visual
-          Post Modern : desain yang sudah melalui tahap penyederhanaan namun cenderung mematahkan kaidah-kaidahnya .
-          Main Stream : desain yang mengikuti selera khalayak
-          Trendy : Desain yang mengikuti zaman .

6. Balance
Artinya sebuah komposisi yang membentuk desain, jika kita lihat, terasa tidak berat sebelah karena semua elemen desain terteletak pada sekitar titik tumpu .

TIPOGRAFI
Adalah headline, subheadline, body copy, gambar, caption, warna, logo dan slogan . Tipografi yang dipilih merupakan nilai yang memiliki arti dalam pesan iklan .
Ada 2 jenis huruf :
1. Huruf serif : huruf yang memiliki kait
2, Huruf sains serif : huruf yang tidak memiliki kait

PEMILIHAN HURUF
Banyaknya tipe huruf kadang membuat perancang yang kurang pengalaman seperti kegirangan , sehingga alih-alih membuat desain yang bagus, melainkan desain yang ruwet karena terlalu banyak yang menggunakan tipe huruf .
Pahami karakter produk dan tipe audience. Pilihlah huruf sesuai dengan karakter produk .
Contoh : logotype pizza hut yang dibuat dengan freehand .

Sebuah biro iklan juga harus menentukan what to say, who to say, how to say, dan where to say .
Contoh : sabun lifebuoy memosisikan diri sebagai sabun kesehatan. Who to say nya adalah siapa calon yang akan menjadi konsumennya ( sabun lifebuoy hadir untuk sabun keluarga ), how to say yaitu bagaiamana sebuah iklan mampu menarik konsumen (gambarnya menarik) .
Seorang visualizer (illustrator) aka menggambarkan ide tersebut . Penggambaran ide juga dapat menggunakan foto atau gambar-gambar dari majalah yang sesuai . Gagasan yang dituangkan pada kertas tersebut tentu saja tidak hanya satu. Gagasan dibuat beberapa alteranatif.
Kemudian tahap beriukutnya adalah pembuatan comprehensive layout yaitu visualisasi ide secara jelas agar dapat dipahami orang-orang yang berkepentingan . Bila comprehensive layout diterima klien, maka tahap selanjutnya adalah membuat perencanaan casting atau pemilihan bintang iklan yang sesuai, pemilihan lokasi dan menyiapkan kostum yang diperlukan unutk model dalam pemotretan serta memilih fotografer . Lalu tugas berikutnya diserahkan kepada desainer untuk merangkai gambar, tipografi, warna dan logo di dalam komputer .
Setelah pekerjaan selesai, desain siap dicetak. Pekerjaan inilah yang disebut finished artwork .

RASTER
Merupakan sejumlah titik yang ada di dalam 1 inci persegi . Raster menentukan kualitas gambar. Dalam iklan dikoran harus menggunakan raster kasar yaitu 65 atau 85 agar gambar terlihat tajam . Sedangkan majalah menggunakan raster 150

COLLATERAL MATERIALS
Adalah pekerjaan-pekerjaan berupa barang-barang cetakan seperti handbill, broadside, folder, flyer/leaflet, brochure dan katalog .

POP/POS (Point of Purcase)
Keduanya memiliki arti yang sama, artinya  iklan yang ada di toko, tujuannya menciptakan pembelian yang tidak di rencanakan.



UKURAN KERTAS
Dalam mendesain barang cetakan, hal pertama yang dilakukan adalah menentukan ukurannya terlebih dahulu, yang di maksud adalah ekonomis , artinya ketika desain tersebut dicetak tidak banyak membuang kertas dan ukuran desain mengacu pada standar ukuran kertas .

WARNA
Standar warna yang digunakan dalam cetak internasional adalah CMYK (cyan, magenta, yellow, black).

EFEK DALAM CETAK
Banyak sekali teknik yang digunakan dalam cetak untuk menimbulkan efek tertentu serta daya pikat . Berikut ini adalah beberapa teknik cetak yang sering digunakan dalam alat promosi .
-          UV (varnish) yaitu memberi lapisan tipis diatas permukaan kertas yang berfungsi sebagai pelindung dan mempercantik penampilan .
-          Spot UV yaitu pemberian lapisan vernis pada bagian tertentu dari gambar yang dicetak .
-          Die cutting :  teknik cetak ini menggunakan DIE yaitu pisau yang dibentuk sesuai bentuk gambar yan akan dipotong .
-          Embose adalah cetak timbul . Efek yang ditimbulkannya adalah membuat kertas tersebut dengan diraba . Misalnya kertas undangan .
-          Debose merupakan kebalikan dari embose , yaitu bnetuk kertasnya menjadi cekung .
-          Special color : mencetak dengan menggunakan warna khusus yang tidak terdapat pada campuran CMYK .
-          Hot print : mencetak dengan menggunakan warna emas atau perak, memberi efek pada huruf agar megkilat seperti emas atau perak .
-          Line art : gambar yang solid, berwarna hitam dan putih, tanpa ada warna abu-abu .
-          Halftones : gambar yang tercetak seperti sebuah foto hitam dan putih



MENGHITUNG ANGGARAN IKLAN
Untuk menghitung aggaran periklanan suatu produk tertentu, diperlukam data-data populasi, pasar potensial, pengguna potensial, sasaran penjualan, dan kebiasaan dalam pembelian .
- Populasi : sejumlah orang yang tinggal disuatu daerah tertentu .
- Pasar potensial : sejumlah orang dengan kategori tertentu yang diperkirakan akan menggunakan suatu produk yang dipasarkan .
- Pengguna potensial : sejumlah orang dengan kategori kelas tertentu yang diperkirakan akan menjadi pengguna dari produk yang dipasarkan .
- Sasaran penjualan : sejumlah orang yang dijadikan sasaran penjualan bagi produk tertentu.
- Kebiasaan dalam pembelian : berpa jumlah produk yang akan digunakan dalam waktu tertentu.
( BAB 6 & 7 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar