Jumat, 09 Desember 2011
Dasar - dasar Iklan 8 Desember 2011 ...
PENGENALAN BRAND/ MERK
membangun sebuah brand tidak langsung saja jadi begitu saja.
Merk adalah nama, istilah simbol, tanda/ rancangan dengan kombinasi hal-hal tersebut yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi suatu barang/ jasa.
1. Atribut
Suatu iklan akan di buat dengan merek dimana memainkan dengan atribut-atribut tertentu
Contoh: Mobil Mercedes- Benx terkenal dengan produk mahal, dimana orang yang akan memakainya akan di pandang sebagai orang ternama karenamenggunakan mobil tersebut.
2. Manfaat
Atribut di perlukan untuk diterjmahkan menjadi manfaat fungsional/ emosional, misalnya bergengsi. di hargai dengan mobil yang kita punya seperi memakai Mercedes-Benz tadi.
3. Nilai
Merek juga menyatakan sesuatu untuk nilai produsen, jadi jika orang tersebut memakai Mercedes Benz berkualitas tinggi, orang kaya, aman dan bergengsi.
4. Budaya
Merek juga mewakili budaya tertentu, terorganisasi, efisien dan berkualitas tinggi, seperti budaya di Jerman.
5. Kepribadian
Merek juga mencerminkan suatu kepribadian, kadang merek mengambil kepribadian seseorang.
Contoh: Sophie Martin , merek yang di pakai untuk mewakili wanita, yang mengghadirkan tas, sepatu, baju, parfum dan lain-lain.
6. Pemakai
Merek juga menunjukan konsumen yang membeli/ menggunakan produk tersebut. Sehingga merek mecerminkan si pembeli.
Contoh: Pejabat menggunakan merek mahal agar terlihat tinggi derajatnya dan harga dirinya.
STRATEGI KUAT MEMBANGUN BRAND/ MERK
Ada 5 strategi :
1. Temukan Target Anda
Tidak semua pelnggan cocok dengan produk anda, maka kenali target dan temukan pelanggan anda yang sesuai dengan target.
Contoh: Pasar menengah ke bawah lebih suka yang agak norak, seperti iklan sosis so nice. SMS : Semua Makan So Nice sehingga banyak kelas menengah ke bawah yang akan membeli produk So Nice
2. Kenali Persaingan Anda yang Sebenarnya
Tidak Peduli dengan siaqpa anda bersaing, tapi pastikan anda menentukan pembeli yang aka membeli dari anda karena produk anda sesuai yang di butuhkan
Contoh : Ibu-ibu perlu bumbu seperti di iklan masako, saat masak karena diperlukan untuk rumah tangga, maka mereka akan membelinya.
3. Temukan Point Perbedaan Anda
Tidak perlu sesuatu yang unik, tapi tunjukan kelebihan dri produk anda dari peasing-pesaing anda di pasaran.
Kenali salah satu dari point unsur anda yang berbeda dan tunjukkan pada target.
4. Ciptakan Rencana Merek Pribadi Anda Dalam Pemasaran
Bawa merek pribadi anda dalam hidup anda dengna cara bagaimana mengkomunikasikan secara verbal dalam tulisan dan gambaran umum.
5. Tulislah Pernyataan Merek Pribadi Anda
Strategi akan menarik bersama-sama yang merupakan akibat 3 langkah berikut :
- Gambarkan target pelanggan anda dan apa yang mereka inginkan
- Pertandingan anda yang sebenarnya merupakan figur referendi dan
- Point anda adalah berbeda
Pernyataan ini akan menjadi identitas pribadi anda. Hal ini akan mejadi sebuah catatan pribadi. Anda bukan uatu hal yang harus anda nyatakan pada siapa saja.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar