Kamis, 08 Desember 2011

Dasar- dasar Iklan 2 Desember 2011

Eksekusi Pesan Iklan


Dalam sebuah keputusan eksekuis pesan sangat di perlukan
Contoh: Iklan lux dengan memakai model nya Tamara Blezenski, agar calon pembelinya berpikir bahwa jika memakai sabun lux akan cantik seperti Tamara Blezenski.

Daya Tarik Humor
Inilah yang sedang booming di Indonesia, orang Indonesia senang dengan yang berbau humor, sehingga iklan yang di buat dengan humoris dapat menarik kesukaan oragn Indonesia.
Contoh: Dulu 4 mata di Trans 7 dengan humornya Tukul.
Humor berpragmatis lebih cocok untuk produk yang breperasaan.

Daya Tarik Kesalahan
Cocok untuk menggunakan daya tarik kesalahan dan berusaha yang dapat di gantikan dengan menggunakan produk yang diiklankan.

Daya Tarik Komparatif
1. Iklan ini baik dalam meningkatkan kesadaran merek iklan non komparatif
2. Iklan ini mendorong lebih kuat daya tarik konsumen.


Daya Tarik Positif- Nasional
Adalah daya tarik yang berfungsi dalam kebutuhan konsumen secara opimal terhadap suatu produk yang mmeberikan tekanan, manfaat suatu merek. Sehingga konsumen merasa produk yang diiklankan tersebut sangat diperlukan dan memberi tekanan untuk membelinya.
Contoh: Iklan susu untuk anak kecil, di targetkan untuk para orang tua agar anaknya pintar jika meminum susu tersebut, seperti iklan susu Milo yang mengiklankan anak tersebut menjadi pintar otaknya saat meminum susu Milo.

Daya Tarik Emosional
Daya tarik ini berhubungan dengan kebutuhan psikologis konsumen untuk membeli suatu produk. Emosionalnya dianggap lebih penting dibanding lebih mengetahui kualitas produknya.
Contoh: Beli 1 apartemen gratis 1 apartemen, padahal gratisannya pun beli jadi apa-apa dan masih tanah, itulah yang di buat dlam iklan tersebut agar calon konsumen emosinya terbawa dan ingin langsung membeli produknya.

GAYA DALAM PELAKSANAAN PESAN IKLAN
1. Langsung tertuju pada tampilan produk
Contoh : gambat pesawat tapi ada gantungan untuk orang bisa berpegangan disana, seperti di dalam busway, memberi pesan bahwa "kalau tidak dapat bangku,pegangan saja".


2. Potongan Kebudayaan
Gaya ini didasarkan pad pemecahan masalah-masalah yang sudah di akui kebenarannya.
Contoh : Iklan susu GSM mengiklankan saat ia kecil ia minum susu SGM hingga cucu nya pun SGM masih ada dan menjadi produk unggulan yang di percaya.

3. Gaya Hidup dan Lifestyle
Menekannkan suatu produk dengan suatu gaya hidup, yang artinya prosuk tersebut di buat berdasarkan gaya hidup si calon pembeli.
Contoh:  Jeans, di buat untuk mereka yang suka dengan semua hal yang simple dan tidak ribet. Sehingga dengan menggunkan jeans, orang memakainya simple dan keren.

4. Khayalan / Fantasy
Menciptakan fantsi di sekitar produk akan penggunaan produk di iklan.
Contoh: Iklan shampoo yang selalu kita lihat pasti selalu menampilkan rambutnya akan lembut, bagus, wangi jika memakai shampoo yang diiklankan tersebut. Padahal jika kita pakai shampoo tersebut biasa saja, tidak ada efek yang dahsyat.

5. Suasana
Gaya ini menciptkan membangkitkan suasana yang meciptakan sebua sugesti
Contoh: Mobil avanza, inova menciptakan ide baru sehingga calon pembeli tertarik dengan inovasi yang di buat dalam iklan tersebut.


6. Simbol Kepribadian
Menciptakan sebuah karakter yang meliputi personifikasi produk tersebut, sehingga apa yang diiklankan adalah pribadi dari orang tersebut.
Contoh: Iklan Marlboro menciptakan image untuk dipakai cowok macho.


7. Keahlian Tehnik
Gaya ini menciptakan pendekatan, kehalian dan kebanggan perusahaan dlam memproduksi produknya dan teknis yang sangat akurat
Contoh: Teh Botol Sosro mengiklankan cara pembuatan teh mereka di pabrik, dengan proses produksinya yang bersih, pasti akan membuat calon konsumen akan membeli teh tersebut.


8. Bukti Ilmiah
Dengan bukti survey atau ilmiah untuk memperkuat kulaitas produk.Biasanya konsumen juga memberi testimonial agar banyak orang yang tahu bagaimana kualitas produk tersebut, jika banyak testi yang bagus, maka akan semakin banyak orang yang percaya dan akan membeli produk tersebut.
Contoh: Yang banyak sekali di broadcast di Blackberry Messanger, produk CPM sebagai minuman untuk pelangsing tubuh di percaya kualitas terbaik dan sudah banyak orang yang mencobanya dan berhasil, terbukti dari hasil foto after dan berfore si konsumen yang sudah membuktikannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar